permintaan NSFP

5 Penyelesaian Masalah Permintaan NSFP

Bisnis

Permintaan NSFP atau Nomor Seri Faktur Pajak menjadi langkah yang akan selalu dilewati oleh Pengusaha Kena Pajak atau yang kita kenal dengan PKP. Permintaan NSFP ini tak selamanya tanpa kendala. Karena buktinya memang banyak dari kamu yang sering mengalami permasalah saat meminta NSFP.

NSFP merupakan sebuah kode yang mana kode ini bisa kamu miliki dengan jalan meminta pada Direktorat Jenderal Pajak setiap tahunnya. Karena NSFP setiap tahun pasti berganti sehingga kamu harus rajin memperbaruinya. Pada umumnya NSFP mempunyai susunan yang pertama adalah kode transaksi. Kemudian lanjut dengan kode status dan berikutnya kamu akan menerima 13 angka NSFP yang secara langsung dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Nah untuk kamu bisa memperoleh kode NSFP yang perlu kamu lakukan adalah secara langsung datang ke kantor pelayanan pajak. Selain itu kamu juga bisa memperolehnya melalui aplikasi elektronik yang dikenal dengan e-Nofa atau Elektronik Nomor Seri Faktur Pajak. Selanjutnya jika kamu sudah mendapatkan nomor NSFP kamu bisa melanjutkan dengan penerbitan faktur pajak yang sesuai dengan kebutuhannya. Lalu bagaimana jika ternyata saat kamu mengajukan permintaan NSFP mengalami kegagalan dan akhirnya kamu tidak bisa menerbitkan faktur sesuai dengan kebutuhanmu.

Permasalahan Permintaan NSFP dan Solusinya

Sebelum kita membahas berbagai cara atau solusi saat permintaan NSFP gagal. Kita akan terlebih dahulu mengenali persyaratan apa yang harus kamu penuhi ketika akan mendaftar NSFP. Diantaranya kamu harus mempunyai dan memasang Sertifikat Elektronik pajak di perangkat yang kamu gunakan. Dalam hal ini biasanya kamu akan menggunakan laptop untuk mengerjakannya ya. Selanjutnya kamu juga harus mempunyai sebuah kode aktivasi berikut kata sandinya yang kamu peroleh dari Direktorat Jenderal Pajak.

Setelah kamu memenuhi syarat-syarat tersebut kadangkala memang sering masih mengalami permintaan NSFP yang gagal. Nah berikut solusi yang bisa kamu gunakan ketika mengalami permasalahan atau kegagalan seperti di bawah ini.

  • Ada Notifikasi Error

Notifikasi error akan muncul saat kamu memasukkan username dan password yang salah pada aplikasi e-Nofa yang kamu gunakan. Username yang harus kamu masukkan harus berupa NPWP yaa. Dan untuk password usahakan selalu mengarsipkannya di ponsel ataupun note. Hal ini tentunya untuk meminimalisir kesalahan dalam penggunaan password e-Nofa.

  • Memastikan Sertifikat Elektronik yang Kamu Punya Aktif

Saat kamu menggunakan Sertifikasi Elektronik yang masa berlakunya sudah selesai maka kamu juga akan mengalami kegagalan ketika melakukan permintaan NSFP. Nah jika hal ini yang terjadi, yang harus kamu lakukan adalah melakukan pembaharuan terhadap sertifikat tersebut. Caranya bisa kamu lakukan dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak yang ada di kotamu.

  • Menggunakan Mozilla Firefox Untuk Membuka e-Nofa dan Muncul Pemberitahuan Your Connections is Not Secure

Ketika kamu mengalami masalah ini yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih panel yang bertuliskan Advanced. Jika sudah lanjutkan dengan memilih panel Add Axception.

Pada panel exception tersebut kamu harus mengisikannya dengan lokasi yang tepat yaitu https://efaktur.pajak.go.id. Nah jika sudah kamu bisa melanjutkannya dengan memilih Confirm Security Exception. Setelah itu pasti kamu bisa mengaksesnya secara normal kembali.

  • Muncul Pemberitahuan Secure Connection Failed

Masalah ini sering muncul apabila koneksi yang kita punya kurang stabil yaa. Yang perlu kamu lakukan juga simpel, kamu tinggal me-reload atau refresh kembali halaman e-Nofa yang kamu buka tersebut. Atau jika memang koneksi kamu buruk ada baiknya kamu berpindah atau menggunakan koneksi lain agar bisa mengakses e-Nofa.

  • Kegagalan Peramban atau Browser dalam Mengakses e-Nofa

Jika koneksimu sudah bagus tetapi kamu belum juga bisa mengakses e-Nofa maka kamu bisa berganti peramban yaa. Selain Mozilla Firefox kamu juga bisa menggunakan peramban lain untuk mengakses e-Nofa diantaranya ada Chrome ataupun Opera ya.

Apabila kamu sudah berhasil masuk ke e-Nofa segara lakukan permintaan NSFP dengan begitu kamu bisa langsung menerbitkan faktur yang kamu butuhkan. Saran kami ada baiknya kamu selalu menggunakan e-Nofa untuk melakukan permintaan NSFP. Karena aplikasi ini berjalan di bawah sistem Direktorat Jenderal Pajak secara langsung. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai kecurangan yang mengakibatkan kamu mendapatkan NSFP yang illegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *