Angkringan, Menu Kudapan Wajib saat Wisata ke Yogyakarta

By | April 20, 2022

Tidak lengkap rasanya jika Anda berwisata ke luar daerah tapi tidak merasakan ragam kuliner lokal daerah tersebut. Yogyakarta termasuk destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun bukan. Angkringan (nasi kucingan) menjadi salah satu menu wajib saat Anda plesiran ke sana. Yuk, kenali kenapa Anda harus menyempatkan diri untuk mencicipi kudapan ini!

5 Alasan Menu Nasi Kucingan Patut untuk Dicicipi

1.      Beragam Menu Disediakan

Menu kudapan yang disediakan sangat beraneka macam. Mulai dari makanan berat, minuman, snack, hingga lauk pendamping. Beberapa makanan diantaranya yaitu nasi kucing dengan lauk teri sambal, orek tempe, dan rames, sundukan ati ayam, ceker, telur puyuh, usus, dan gorengan, serta kerupuk. Sementara minum yang bisa dinikmati beberapa diantaranya seperti es teh, wedang jahe, kopi, dan susu.

2.      Harga Ramah di Kantong bagi Semua Kalangan

Menu makanan dan minuman yang dijual terbilang murah dan merakyat. Harga yang dibanderol beragam dengan kisaran Rp1.000,00 hingga Rp5.000,00 tergantung menu yang Anda pilih. Harga ini sangat menjangkau untuk semua kalangan, baik pelajar maupun pekerja sampai ekonomi rendah maupun tinggi. Semua dapat mencicipi cita rasanya.

3.      Rasa Makanan yang Bisa Diterima

Beberapa orang memiliki karakteristik picky eater. Orang dengan karakteristik ini sangat pemilih dalam makanan yang disantap. Namun, menu yang disediakan terasa sangat merakyat sehingga mudah untuk dinikmati. Tiap kudapannya selalu menjadi favorit bagi tiap orang yang, termasuk Anda.

4.      Vibes Klasik yang Menjadi Ciri Khas

Nasi kucingan biasanya mulai buka sore hari menjelang maghrib hingga tengah hari. Suasana sederhana dengan temaram lampu kuning terlihat sangat vintage. Vibes-nya yang klasik dengan nuansa tradisional tetap mendapatkan tempat di hiruk pikuk era modern saat ini. Anda akan dimanjakan dengan sensasi yang akan selalu membuat rindu untuk menemui Yogyakarta kembali.

5.      Suasana Kekeluargaan yang Kental

Tak hanya vibes yang klasik, suasana saat Anda makan di angkringan juga sangat hangat. Suasana kekeluargaan terlihat sangat kental. Antara pembeli dan penjual serta sesama pembeli terasa sangat dekat. Rasanya seperti makan bersama keluarga besar. Canda tawa yang dilontarkan saat menikmati nasi kucing pastinya membuat Anda merasa sangat nyaman.

Tips Menikmati Menu Nasi Kucingan di Yogyakarta

  1. Tanya harga setiap menu yang Anda inginkan agar tak terjebak harga
  2. Memilih menu yang sesuai selera agar tidak mubazir dan “kalap mata”
  3. Makan secara perlahan sambil bercengkrama dengan penjual maupun sesama pembeli
  4. Mencoba makan di lesehan maupun saat tengah malam untuk sensasi makan yang berbeda

Angkringan memang menjadi wisata kuliner yang layak diagendakan bagi Anda dan keluarga ketika singgah di Yogyakarta. Artikel mengenai keunikan kuliner Yogyakarta maupun daerah lainnya bisa Anda baca di Orami Magazine. Melalui artikel di Orami Magazine, Anda akan menemukan beragam informasi seputar wisata dan jalan-jalan yang seru dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.