Hal-Hal Penting Soal Siklus Haid, Perhatikan!

By | Juli 14, 2022

Seorang wanita yang ada dalam masa produktif tentu akan mengalami siklus haid yang lancar setiap bulannya. Secara umum siklus menstruasi akan terjadi sebulan sekali. Namun memang dalam beberapa kondisi ada wanita yang mengalami haid dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak haid sama sekali dalam beberapa bulan.

Tentunya hal ini ada penyebabnya, kenapa bisa seorang wanita punya siklus haid yang tidak lancar. Dan banyak diantara kita yang belum paham akan apa saja penyebabya dan bagaimana solusinya agar haid kembali normal. Pada beberapa kondisi memang kamu butuh untuk konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Istilah yang Ada Dalam Fase Haid Seorang Wanita

Berikut ini beberapa istilah yang harus kamu mengerti ketika ada dalam fase haid. Dengan istilah berikut harapannya kamu jadi tidak salah hitung dan bisa memperhitungkan masa subur dengan benar.

  • Siklus Haid atau Menstruasi

Siklus haid ialah jarak yang ada antara hari pertama dimana kamu haid ke jarak hari pertama kamu haid bulan berikutnya. Secara umum seorang wanita yang belum menikah akan mengalami haid dengan jarak 21 hari hingga 35 hari.

  • Lama Haid

Lama haid atau durasi haid merupakan jarak antara awal kamu haid ke hari terakhir kamu haid. Untuk wanita remaja biasanya 3 hingga 7 hari saja.

  • Banyaknya Darah

Haid yang normal volume darah haidnya kurang dari 60ml. dan untuk pergantian pembalut kamu bisa menggantinya 6 kali sehari atau tergantung banyaknya darah yang keluar.

Faktor Penyebab Siklus Haid Tidak Lancar

Haid merupakan sebuah kondisi dimana dinding rahim seorang wanita meluruh karena tidak adanya proses pembuahan selama masa suburnya. Nah tahukah kamu siklus haid yang berantakan salah satunya bisa karena faktor hormonal.

Agar lebih detail berikut ini beberapa faktor utama yang menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar:

  • Kamu Melakukan Diet Ekstrem

Seorang wanita pastilah pingin punya berat badan yang ideal, bahkan diantara mereka ada yang melakukan diet ekstrem untuk mencapai berat badan ideal mereka. Namun tahukah kamu diet ekstrem yang kamu lakukan bisa mempengaruhi siklus haid pada tubuhmu. Hal ini karena adanya gangguan kesehatan berjangka panjang, termasuka gangguan hormon tubuh dan sebagainya.

  • Kamu Stress

Stress yang kamu alami selain berdampak buruk pada kesehatan mental dan pikiranmu, stress juga bisa mengganggu kestabilan hormon tubuhmu. Maka tidak heran mereka yang sering stress punya siklus menstruasi yang berantakan, dimana waktunya datang lebih cepat, adanya pendarahan yang berlebih, nyeri dan sebagainya.

  • Punyai Penyakit Fibroid Uterus

Fibroid uterus atau yang kita sering kenal dengan miom merupakan sebuah tumor jinak yang akan kamu temukan di dinding rahim wanita. Miom inilah yang mengakibatkan adanya pendarahan yang hebat di vagina dengan rasa nyeri yang hebat.

  • Punya Penyakit PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik

Jika kamu mengalami PCOS maka secara umum kamu punya kelainan hormonal sehingga bisa terbentuk kistal kecul di ovarium. Sehingga siklus haid akan terganggu baik itu menjadi lebih cepat atau malah menjadi telat.

  • Ada Penyakit Endometriosis

Siklus yang tidak teratur juga bisa karena ada penyakit endometriosis, dimana ada kondisi abnormal yang terjadi di sistem reproduksi. Yaitu lapisan dinding rahim tumbuh di luar rahim kamu. Sehingga terjadi pendarahan berlebih di jual jadwal haidmu yang seharusnya.

Nah apabila salah satu kondisi di atas berulang kali terjadi ada baiknya memang kamu konsultasi dan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Ingat yaa siklus haid yang bermasalah merupakan awal dari berbagai penyakit lain yang lebih parah. Sehingga wajib kamu periksakan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Meskipun nantinya kamu menggunakan pengobatan herbal agar lebih aman tetapi setidaknya lakukan pemeriksaan  secara detail terkait kondisimu. Yuk perhatikan kondisi diri sendiri, karena siapa lagi kalau bukan kita yang perhatian dengan siklus haid yang sudah berantakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.