PABX murah

Ketahui Cara Merawat Perangkat PABX Agar Tidak Mudah Rusak

Teknologi

Perangkat PABX merupakan salah satu peralatan penting di suatu kantor. Keberlangsungan suatu bisnis  bergantung pada perangkat yang mengatur  sistem telepon tersebut. Selain itu, harga satu set peralatan PABX juga terbilang mahal sehingga perlu dilakukan perawatan secara rutin karena jika tidak maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Cara merawat PABX yang baik dan benar

Sama seperti peralatan elektronik lain, PABX juga perlu dirawat secara berkala agar bisa berfungsi dengan baik. Tidak peduli jika harga PABX murah atau mahal, semuanya perlu dirawat dengan baik dan benar. Nah, berikut ini merupakan cara tepat untuk merawat perawatan PABX agar tidak cepat rusak.

  1. Restart secara berkala. Program restart dimaksudkan untuk mengecek apakah peralatan tersebut masih berfungsi sempurna atau tidak. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk menjaga agar peralatan PABX tetap awet karena bisa mengurangi program-program bermasalah dalam perangkat tersebut.
  2. Cek koneksi jaringannya. Usahakan untuk mengecek konektivitas jaringan setiap saat untuk memastikan apakah perangkat masih berfungsi normal atau tidak.
  3. Rutin mengganti kabel. Mengganti kabel yang rusak selain mengurangi resiko kebakaran akibat korsleting listrik juga untuk menjaga perangkat dari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.
  4. Menggunakan stavolt jika listrik yang digunakan tidak stabil. Alat tersebut akan sangat berguna jika listrik tiba-tiba turun.
  5. Menggunakan UPS. Untuk menghindari kerusakan perangkat akibat pemadaman secara tiba-tiba, sebaiknya manfaatkanlah USP agar menjaga PABX tetap awet.
  6. Lengkapi dengan sistem penangkal petir agar peralatan terhindar dari bahaya petir saat musim hujan.
  7. Hindari penggunaan power supply bersama-sama dengan komputer dan sejenisnya.
  8. Menyimpan ditempat sejuk, aman dan jauh dari panas atau perangkat yang menggunakan motor agar tidak mempengaruhi kinerja perangkat PABX.  
  9. Membersihkan perangkat secara rutin dari berbagai debu dan kotoran yang menempel. Hindari penggunaan cairan pembersih karena bisa merusak permukaan PABX. Cukup membersihkan dengan lap basah atau kemoceng.

Kapan peralatan PABX harus diganti?

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, peralatan PABX juga perlu diganti jika sudah tidak berfungsi dengan optimal. Jangan memaksakan untuk melakukan perbaikan terus-menerus karena hal tersebut tidak terlalu berguna dan justru akan semakin membuang uang. Jika sudah menunjukan tanda-tanda seperti dibawah ini maka itu berarti PABX di tempat Anda sudah harus diganti dengan yang baru.

1.  Perangkat sering mengalami kerusakan baik serius maupun ringan. Biasanya Anda akan disarankan untuk mengganti PABX jika ditemukan kerusakan serius di komponen hardware-nya.

2.  Rawan rusak karena tersambar petir. Sambaran petir bisa sangat berbahaya karena merusak komponen-komponen PABX terbakar, rusak bahkan mati.Oleh karena itu, jika kerusakannya sudah sangat berat maka jalan satu-satunya adalah membeli perangkat PABX baru.

3.   Sistem PABX sudah tidak sanggup menampung jaringan. Sebagai informasi, jika perangkat PABX bisa bertahan selama 10 tahun asalkan dirawat dengan baik walaupun itu PABX murah sekalipun.Bahkan, komponen-komponen penyusunnya bisa bertahan antara 20 hingga 25 tahun asalkan masih dalam kondisi yang bagus. Jika  masih dimungkinkan untuk digunakan kembali maka hal tersebut tentu saja bisa menghemat pengeluaran. Namun, jika kerusakannya sudah parah maka sebaiknya ganti saja dengan peralatan PABX dari merk yang sama. Hal ini dikarenakan setiap merk PABX memiliki fungsi dan istilah yang berbeda sehingga bagi yang telah terbiasa dengan merek tertentu pastinya akan sulit untuk beradaptasi dengan peralatan merek lain sehingga butuh waktu lebih lama untuk mempelajarinya kembali.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *