KPR

Mau Ajukan KPR Saat Pandemi? Intip Tipsnya Di Sini

Tips and Share

Semakin Mudah dengan KPR, Tak Perlu Tunda Beli Rumah Saat Pandemi

 

Pandemi COVID-19 berpengaruh ke berbagai aspek kehidupan, salah satunya perekonomian masyarakat Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang harus rela menunda memiliki rumah impian. Namun saat pandemi seperti ini ternyata Anda tetap bisa lho membeli hunian idaman dengan fasilitas KPR. Tentunya semua proses pengajuan KPR aman, mudah dan praktis. Tak perlu tunda memiliki rumah deh saat pandemi seperti ini! Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum membeli rumah ya. Simak selengkapnya yuk.

 

Hitung Harga Properti Maksimal

Selama pandemi, banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali kita. Maka dari itu saat Anda memutuskan untuk mengambil KPR, sebaiknya ketahui dulu kemampuan finansial Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti menghitung Harga Properti Maksimal yang ideal. Pertama, Anda perlu memasukkan penghasilan total per bulan. Penghasilan total ini merupakan gabungan penghasilan Anda dan pasangan (jika ada) selama satu bulan.

 

Kedua, masukkan pengeluaran yang bisa berupa cicilan atau biaya rumah tangga. Angka ini bisa didapatkan dengan perkiraan yang biasa Anda lakukan. Ketiga, jangka waktu yang bisa Anda pilih hingga 30 tahun. Umumnya bank akan melakukan evaluasi terkait dengan jangka waktu yang disesuaikan usia pemohon atau calon nasabah. Kemudian harga properti maksimal bisa Anda ketahui. Harga properti ini bisa jadi acuan Anda saat membeli rumah.

 

Lakukan Simulasi KPR

Setelah tahu Harga Properti Maksimal, simulasikan pengajuan KPR Anda dengan memilih terlebih dahulu jenisnya yaitu KPR Konvensional atau KPR Syariah. Jika KPR Konvensional, Anda bisa mendapatkan hak meminjam rumah dengan suku bunga yang float-nya rendah. Nah jika Anda tertarik dengan KPR Syariah, yang mana merupakan KPR yang memang diperuntukkan untuk mereka yang hidup dengan prinsip syariah. Saat Simulasi KPR perlu diketahui uang muka ideal yang perlu disiapkan yaitu 15% dari harga properti dan suku bunga floating yang akan yang akan mengikuti suku bunga Bank Indonesia (BI) berlaku setelah satu tahun.

 

Dengan Simulasi KPR, Anda juga bisa mengetahui Rincian Pinjaman secara langsung, beserta biaya lainnya seperti Biaya Bank (Appraisal, Administrasi, Provisi & Asuransi) dan Biaya Notaris (Akte Jual Beli, Bea Balik Nama, Akta SKMHT, Akta APHT, Perjanjian HT & Cek Sertifikat ZNT, PNBP HT). Selain itu Anda akan diberikan rincian berapa angsuran per bulan yang perlu Anda bayarkan dan juga berapa yang perlu Anda bayarkan pertama kali. Siapkan dana tambahan untuk biaya-biaya seperti di atas ya!

 

Cari Properti Langsung Tanpa Perlu Survei

Saat pandemi seperti ini, tentu Anda dan keluarga lebih disarankan untuk di rumah saja. Bagi Anda yang ingin mencari hunian secara KPR, ternyata bisa dilakukan dengan cara online lho! Kunjungi web portal bank andalan Anda seperti BTN Properti. Berbagai properti yang tersebar di seluruh Indonesia dengan mudah bisa Anda pilih. Ada 4 kategori properti yang menjadi pilihan yaitu Properti Populer, Properti Terbaru, dan Properti Subsidi.

 

Untuk Properti Populer, terdapat beberapa pilihan hunian yang menjadi favorit seperti area Bogor (Royal Cikeas Residence, Cibungbulang Town Hill, Metro Parung Panjang, Griya Bukit Jaya 2), area Tangerang (Griya Bintang Mekasari, Utama Garden Bintaro, Poris Residence), area Bekasi (Mutiara Gading Timur 2, Suropati Residence, Bumi Sentosa Damai), area Depok (Taman Melati Indah) dan area Karawang (Grand Permata Residence).

 

Sedangkan Properti Terbaru, tersedia area Bekasi (Bumi Srijaya Regency, Logam Bangun Setia 2), area Tangerang (Orchid Residence), area Bogor (Green Bamboo Terrace), area Sulawesi Selatan (BSS Bukit Indah Kapuk Maros, Perumahan Rachita 2 Pangkajene Kepulauan), area Jawa Timur (Permata Genteng Banyuwangi) dan area Karawang (Griya Permata Indah).

 

Pada BTN Properti, Anda dapat menemukan jumlah kavling yang tersedia, harga properti, cicilan KPR, suku bunga dan developer penyedia. Informasi mengenai luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur dan kamar mandi menjadi keunggulan yang bisa diketahui. Seluruh properti tersebut dilengkapi dengan alamat, foto serta denah. Jika ingin membeli saat ini juga disediakan nomor kavling yang tersedia.

 

Pengajuan KPR Mudah Hanya 10 Menit

Semakin mempermudah calon pemilik properti, pengajuan fasilitas KPR BTN bisa dilakukan melalui www.btnproperti.co.id. Pengajuan kredit hanya dalam 10 menit saja dan langsung terhubung dengan kantor cabang BTN. Agar memudahkan pengajuan, Anda perlu melakukan registrasi atau membuat akun dengan mengisi data lengkap. Konsultasikan juga pengajuan KPR Anda dengan ahli yang sudah disiapkan oleh BTN.

 

Maka dari itu ada baiknya Anda segera mempunyai aplikasi yang memang diperuntukkan untuk mengajukan KPR , salah satunya persembahan BTN yaitu ada BTN Properti Mobile. Tentunya dengan aplikasi ini semua informasi dan pengajuan jadi lebih mudah! BTN Properti Mobile bisa diunduh langsung di Play Store dan App Store. Setelah Anda mengunduh aplikasi ikuti terus perkembangan terbaru KPR BTN pada akun sosial media resmi seperti Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram.

 

Temukan berbagai promo spesial yaitu KPR Gaeesss For Millennial. Program promo ini diperuntukan untuk KPR ataupun Kredit Pemilikan Apartment (KPA), baik dalam kondisi yang belum tersedia secara utuh (inden) atau yang telah tersedia secara utuh (ready stock). Promo ini juga bisa dilakukan gabungan dengan program kredit lainnya yang berlaku sesuai ketentuan Bank BTN.

 

Bagi Anda yang berusia 21 sampai dengan 35 tahun dan ingin memiliki hunian idaman, segera ajukan KPR melalui website BTN Properti. Anda bisa memilih terhadap produk yang disediakan diantaranya KPR BTN Platinum yang mana dengan usia optimalnya 30 tahun dan kemudian ada juga  KPA BTN Platinum dengan usia optimal yang jauh lebih singkat yaitu 20 tahun. Yang terpenting masuk pada kriteria cokon debitur, dimana Anda harus mempunyai pendapatan yang tetap atau fixed income selama masa kerja paling tidak harus 1 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *