cat mobil

Mencoba Cat Mobil Sendiri Dirumah, Gunakan Cara Ini

Otomotif

Sebagai pemilik mobil, ada kalanya kamu merasa bosan dengan tampilan kendaraan pribadimu. Melakukan modifikasi menjadi salah satu solusi. Ingin mencoba cat ulang mobil sendiri dirumah dengan merubah warnanya?

Melakukan painting atau pengecatan ulang memang menjadi pilihan banyak orang. Namun jika kamu masih pemula, untuk merubah tampilan warna cat memang butuh banyak persiapan. Simak saja beberapa cara mengecat yang benar sesuai penjelasan dibawah ini.

Cara Cat Mobil untuk Para Pemula

Siapkan Permukaan

Langkah pertama yang harus kamu persiapkan adalah membersihkan lebih dulu permukaan bodi mobil. Biasanya terdapat karat yang menempel, solusi untuk membersihkannya yaitu dengan memakai multi thinner dan amplas. Kemudian mengeringkannya supaya lebih mudah mendempulnya.

Dempul digunakan sebagai penghalus permukaan pada bagian mobil yang tidak rata. Silahkan mengoleskannya sampai merata dan keringkan kurang lebih 10 menit. Setelahnya, amplas sampai bagian dempul tersebut rata.

Tahapan Masking

Ketika permukaan mobil sudah siap maka proses berikutnya adalah masking. Pelapisan bagian yang akan dicat memang dibutuhkan. Sehingga ketika proses pengecatan nanti beberapa sisi semisal jendela tidak akan terkena efek cat yang disemprotkan.

Tahapan masking bisa memakai sejumlah alat semisal paper roll atau kertas Koran. Jika ingin lebih mudah untuk melepasnya, dalam proses masking kamu bisa memakai bahan lain dari material vinyl.

Proses Pengecatan

Didalam tahapan pengecatan, ada dua fase yakni tahap pengecatan awal dan tahapan akhir dari semua proses ini nantinya. Di bagian awal, silahkan kamu memakai spray gun sehingga hasil semprotan cat merata dan tidak tebal di bagian tertentu.

Atur jarak dan sudut tembak pemakaian spray gun, hal ini berfungsi untuk memberikan ketebalan sama di sejumlah bagian mobil yang dicat ulang. Setelah itu tunggu sampai cat tahapan pertama kering.

Pada bagian akhir, silahkan menambahkan lapisan cat kedua yang biasanya digunakan untuk pelapis agar cat kuat. Lalu gunakan compound untuk menghaluskan cat di bagian akhir.

Dengan memahami beberapa cara dan tahapan diatas, maka cat mobil yang sudah kamu rencanakan akan menghasilkan tampilan lebih menarik dibandingkan warna dasar sebelumnya. Jika ingin lebih bagus, mintalah petunjuk seseorang yang sudah berpengalaman mengenai hal ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *