Mengetahui 5 Cara Perawatan Vacuum Pump

Mengetahui 5 Cara Perawatan Vacuum Pump

Tips and Share

 

Pernahkah kamu mengunjungi pabrik yang menggunakan vacuum pump? Biasanya kamu akan menemukan mesin tersebut di pabrik lampu, kemudian pabrik yang mempunyai ruangan coating, ataupun ruangan yang berisi peralatan kesehatan (radiotherapy, kemudian radiosurgery, dan juga ada radiopharmacy). Apakah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan vacuum pump, alat tersebut merupakan alat yang dipergunakan untuk menarik keluar berbagai molekul gas ataupun udara hingga tingkat kekosongan atau kevakuman tertentu di sebuah ruangan tertutup.

Becker Pump sebagai salah satu distributor vacuum pump Indonesia memberikan penjelasan bahwa alat tersebut bekerja berdasarkan poros mekanis sehingga bisa menarik gas dalam suatu ruangan keluar atau ke atmostfer dan menjadikan ruangan tersebut hampa udara. Sebagai distributor vacuum pump Indonesia, Becker Pump patut untuk dijadikan pilihan utama karena mempunyai kualitas vacuum pump yang terbaik, kemudian terdapat banyak sekali varian dan tentunya memberikana kemudahan bagi kamu yang ingin menjualnya kembali.

Jika diperusahaan atau dipabrik tempat kamu bekerja mempunyai vacuum pump dari Becker Pump ada baiknya kamu juga mengenali bagaimana sih metode perawatannya yang tepat. Agar alat tersebut bisa berumur lebih lama dan memberikan kinerja yang lebih maksimal. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulik metode perawatan vacuum pump baik dari Becker Pump maupun dari berbagai Distributor Vacuum Pump Indonesia yang lain.

5 Metode Perawatan Vacuum Pump Agar Berumur Panjang

Cobalah menerapkan perawatan vacuum pump berikut ini pada alat yang kamu punya. Karena tentunya alat tersebut akan cepat sekali rusak apabila kamu tidak merawatnya secara berkala dan dengan cara yang tepat.

1.     Pemeriksaan Rutin Vacuum Pump

Semakin sering kamu menggunakan vacuum pump maka ada baiknya kamu juga semakin intens merawatnya. Apalagi jika kamu menggunakan alat tersebut pada lingkungan yang sensitive seperti banyaknya debu, kemudian menggunakan air, dan berbagai kotoran lain yang bisa mengakibatkan rusaknya alat vacuum tersebut.

Untuk perawatan sehari-harinya yang perlu kamu pastikan tentunya adalah kondisi minyak pump, kemudian kondisi olinya. Selanjutnya untuk perawatan mingguan yang penting diantaranya meliputi pengecekan kebocoran minyak, kemudian saringan molekul udara, dan lain sebagainya. Kemudian untuk bulanannya perawatan yang tidak kalah penting adalah memastikan exhaust filter dapat bekerja secara maksimal atau tidak, memastikan tidak ada asap, dan perlunya memeriksa saringan knalpot agar tau apakah perlu diganti atau tidak. Nah sebenarnya tidak cukup sampai disitu saja pada kurun waktu enam bulan alat tersebut bekerja kamu juga perlu untuk melakukan pemeriksaan ruang vacuum dan kamu bisa membersihkan berbagai kotoran didalamnya. Selain itu jika vacuum pump tersebut sudah bekerja selama 500 hingga 2000 jam ada baiknya kamu mengganti berbagai komponen penyusun vacuum pump yang diantaranya ada saringan, kemudian minyak, knalpot pump, dan lain sebagainya.

2.     Memeriksa dan Mengganti Minyak Vacuum Pump

Jika kamu ingin melihat minyak vacuum pump kamu disediakan kaca penglihatan yang mana jika minyak tersebut berada di kondisi minus atau dibawah batas penglihatan ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan syarat prosesnya.

Kemudian periksalah warna minyaknya dimana harusnya berwarna cerah, kemudian bebas dari keruh, bebas dari busa, dan kondisi setelah pengendapan (senyawa karbon dan endapan putih) oli terlihat jernih. Jika kondisi tersebut tidak tercapai kamu bisa menambah minyak vacuum baru sesuai dengan standarnya. Biasanya pergantian dapat dilakukan di setiap 6 bulan sekali atau setiap 500 jam vacuum pum bekerja. Namun bisa kamu lakukan kurang dari 500 jam kerja apabila kamu membutuhkan kondisi khusus tercapai misalnya bebas gas korosif dan penggunaan minyak khusus. Dengan begitu proses pem-vacuum-an bisa berjalan sesuai dengan prosedur kerjanya.

3.     Cek Kerja Vacuum Pump

Jika mengganti minyak juga tidak bisa memperbaiki kondisi vacuum pump maka ada baiknya kamu lakukan pengurasan limbah minyaknya. Kemudian buka steker secara kuat guna membuang cairan yang digunakan saat pembersihan dan jangan lupa kamu juga harus setting off saluran udaranya.

Jika sudah kamu lakukan, kamu bisa menyalakan pump kurang lebih 30 menitan yang mana selanjutnya akan memasuki fase pengeringan tempat. Selanjutnya kamu juga perlu memastikan kondisi katup pelampung, jika kotor atau rusak maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru. Nah setelah pengecekan tersebut baru kamu bisa memasukkan minyak vacuum pump yang baru.

4.     Pendeteksian Filter Knalpot

Selanjutnya pemeriksaan perlu dilakukan pada bagian filter knalpot, apakah terdapat penyumbatan ataupun tekanan knalpot ada di bawah standar. Kamu bisa melihatnya melalui alat ukur yang tersedia pada bagian filter knalpot. Jika tidak terdapat alat ukur tersebut, kamu bisa melakukan pendeteksiannya lewat konsumsi arus motor penggerak yang terlalu berlebihan ataupun tersendatnya aliran vacuum pump.

Jika hal tersebut terjadi pada alat vacuum yang kamu punya segara ambil tindakan dengan cara mengganti filter kanlpotnya. Jika tidak kamu lakukan tentunya akan menimbulkan kerugian untuk kamu dan perusahaanmu. Agar aman lakukan ganti filter knalpot pada posisi vacuum off, kondisi ini akan membuat tekanan menjadi normal.

5.     Memperbaiki Vacuum Pump

Jika kamu mempunyai vacuum pump yang sudah berumur tentunya efisiensi kerja dari pump tersebut kurang optimal. Efisiensi kerja bisa dicapai dengan jalan dilakukan pemasangan komponen yang tepat dan secara berkala kalibrasi juga harus dilakukan. Biasanya untuk pembongkaran vacuum pump diperlukan teknisi yang ahli karena saat memasuki ruangan vacuum teknisi membutuhkan seragam pelindung yang mana bisa melindungi dia dari berbagai zat kontaminan yang bisa membahayakan kesehatan.

 

Berbagai metode di atas perlu kamu lakukan secara berkala agar vacuum pump yang kamu punya bisa berumur lebih panjang. Dan tidak lupa selalu pilih distributor vacuum pump Indonesia yang mempunyai kredibilitas tinggi, salah satunya yang bisa kamu gunakan adalah Becker Pump yang mana menyediakan layanan penjualan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *