energi alternatif

Menggali Apa yang Dimaksud Energy Alternatif Beserta Kendala Penerapannya

Tips and Share

Banyak orang di luar sana yang masih bertanya tanya apa yang dimaksud dengan energy alternative. Padahal sejatinya, energy ini memiliki segudang manfaat dan keunggulan dibandingkan dengan energi fosil. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk gali lebih dalam apa pengertian energy alternatif beserta kendala penerapannya di sini.

 

Apa yang Dimaksud Energy Alternatif ?

Energi alternatif merupakan bahan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari yang sifatnya terbarukan. Anda tidak perlu lagi khawatir jika suatu saat energi tersebut habis, karena jumlahnya yang sangat melimpah dan tidak terhingga. Energy ini juga lebih ramah lingkungan karena berkonsep zero waste sehingga dapat meminimalisir polusi.

Emisi berupa gas buang pembakaran bahan bakar fosil sangat tidak baik untuk lingkungan dan juga manusia. Polutan tersebut pada akhirnya menyebabkan efek rumah kaca. Dampaknya, suhu bumi mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan kondisi tersebut juga dapat menjadi pemicu perubahan iklim global. Tidak heran jika saat ini periode musim mengalami pergeseran.

Akan tetapi semua masalah itu dapat teratasi jika anda berhenti menggunakan bahan bakar fosil dan beralih menggunakan energy alternatif. Contoh energy ini juga sangat beragam, misalnya tenaga surya, air, angin, dan panas bumi. Sayangnya masih banyak orang yang salah kaprah tentang pengertian energy alternatif dan menganggapnya tidak menjanjikan.

 

Kendala Penerapan Energi Alternatif

Pemerintah terus saja berusaha untuk mengembangkan penggunaan energy alternatif di Indonesia. Akan tetapi hal tersebut akan sulit jika masyarakat sendiri justru enggan menggunakannya karena mengira bahwa energy tersebut mahal dan tidak efisien. Kedua kendala inilah yang menjadi penyebab utama mengapa energy ini kurang disukai.

Memang benar bahwa penggunaan energy alternatif memerlukan biaya, namun keuntungan yang didapat jauh lebih besar. Ambil saja contohnya adalah panel surya. Anda hanya perlu melakukan pemasangan satu kali kemudian biaya listrik bulanan akan berkurang. Walaupun biaya awalnya besar, namun lama lama akan tertutupi dengan penghematan biaya yang didapat.

Bahkan teknologi alternatif seperti panel surya ini dapat digunakan lebih dari 10 tahun oleh penggunannya. Bahkan dengan perawatan yang baik, perangkat tersebut tetap dapat menjalankan tugasnya sampai 20 tahun. Selain terkait dengan biaya, masyarakat juga enggan menggunakan energy alternatif karena sulit untuk jasa pemasangannya sulit ditemukan.

Pernyataan tersebut sebenarnya tidak benar, sama seperti pengertian energy alternatif yang harus di gali, anda juga harus mencoba searching di internet tentang jasa pemasangan energy alternatif. Contohnya saja saat ini jasa pemasangan panel surya sudah menjamur dan melayani berbagai daerah. Setelah mendapat jasa yang profesional, anda tinggal memilih salah satu produknya.

Produk yang mereka tawarkan juga sangat beragam sehingga anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Bukan hanya solar panel, namun kemajuan energy alternatif juga semakin terlihat dengan semakin banyaknya mobil listrik dan mobil berbahan bakar air yang mulai lalu lalang di pasar otomotif dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *