mobil bekas

Perawatan Saat Punya Mobil Bekas dari Balai Lelang

Otomotif

Kamu punya mobil bekas hasil kontes pelelangan? Kamu pasti puas setelah berhasil memperoleh mobil bekas incaran. Namun setelah Kamu mendapatkan mobil bekas incaran kamu,  selanjutnya yang perlu Kamu lakukan itu adalah hal krusialnyaseperti perawatan mobil bekas yang benar. Karena mobil tersebut kini telah jadi milikmu atau berganti pemilik, berganti pula cara perawatannya dan kebiasaannya. Nah, agar umur mobil Kamu awet, simak cara merawat mobil bekas hasilmu berburu di balai lelang mobil berikut ini.

Cara Perawatan Mobil Bekas Dari Pelelangan

1. Kamu Harus Rajin Servis

Kamu harus kasih perhatian lebih ke mobil bekasmu yaitu dengan memastikan performanya selalu prima dengan cara kamu selalu punya jadwal rutin servis, jangan sampai mobil yang sudah bekas itu menjadi turun mesin. Memanglah hal ini bukan hal yang paling dasar dan sering dianggap sepele, padahal mesin ibarat jantung bagi mobil, sehingga apabila terjadi kerusakan mesin tentu juga akan berpengaruh pada kondisi keseluruhan mobilnya. Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk rutin membawa mobil ke bengkel langganan Kamu meskipun hanya sekedar melakukan pengecekan mesinnya saja.

2. Kamu Harus Memastikan Radiator Mesinnya Prima

Selain mesin, komponen lain yang perlu Kamu beri perhatian ekstra itu radiator. Radiator berfungsi sebagai pendingin mesin, sehingga jika terjadi kerusakan tentu akan berdampak besar pada mesin mobil menjadi cepat panas. Selain itu, Kamu perlu untuk selalu mengecek kapan saatnya mengganti air radiator. Volume air radiator juga harus selalu dalam kondisi yang penuh, agar radiator dapat bekerja sebagaimana mestinya. Saat Kamu membawa mobil kesayangan ke bengkel untuk melakukan berbagai perawatan, bagian radiator juga tak boleh sampai terlewat. Penting untuk selalu memeriksa kondisi radiator guna mencegah terjadinya kebocoran radiator.

3. Kamu Usahakan Ban Tidak Terlalu Tipis atau Kurang Angin

Tak hanya bagian mesin saja, Kamu juga perlu untuk memeriksa kondisi ban mobil Kamu. Karena tentunya ban mobil bekas memiliki kondisi tak sebagus ban mobil baru, untuk itu sangat penting untuk Kamu selalu rutin mengecek kondisi ban mobil Kamu. Jika ban dirasa kempes sehingga menimbulkan sedikit gangguan ketika Kamu berkendara, tentu Kamu harus segera mengisi angin ban. Namun perlu diperhatikan tekanan angin ban mobil juga tidak boleh terlalu berlebihan. Jika kondisi ban mobil Kamu sudah tidak bagus dan telah terjadi penipisan ban, lebih baik untuk segera mengganti ban mobil dengan yang baru.

4. Kamu Harus Pastikan Wiper Berfungsi

Selain beberapa hal diatas, cara perawatan mobil bekas yang Kamu dapatkan dari balai lelang mobil lainnya adalah memeriksa wiper mobil. Kamu juga perlu untuk memeriksa bagian wiper terlebih saat musim hujan, karena kehadiran wiper sangat penting untuk membantu Kamu menghilangkan air hujan yang mengganggu kaca mobil depan Kamu. Periksa bagian karet wiper, jika Kamu merasa kerja dari wiper sudah tidak maksimal, itu berarti terdapat masalah pada bagian karet wiper. Segera ganti karet wiper lama mobil Kamu dengan yang baru, agar kerja dari wiper mobil dapat kembali maksimal dan Kamu pun merasa aman dan nyaman saat berkendara pada saat kondisi hujan.

5. Kamu Wajib Memanaskan Mobil Saat Akan Digunakan

Hal lain yang tak kalah penting yakni jangan lupa untuk selalu memanaskan mobil bekas terlebih dahulu sebelum Kamu gunakan. Karena seringnya orang-orang terlalu sibuk dan terburu-buru sehingga tak sempat memanaskan mesin mobil terlebih dahulu, padahal sebenarnya yang kamu lakukan tersebut dapat mendatangkan efek buruk bagi mesin Kamu dan menurunkan performanya. Untuk itu sebaiknya panaskan mesin mobil setidaknya 10 hingga 15 menit sebelum Kamu akan menggunakan mobil, sehingga mesin mobil tidak tiba tiba di tarik gasnya, jadi setelah itu baru mobil bekasmu siap untuk Kamu kendarai.

Kesimpulan

Nah, itu tadi uraian perawatan mobil bekas yang kamu dapatkan dari berburu di balai lelang mobil. Tak sulit bukan? Lakukan perawatan mobil dengan baik yaitu dari servis rutin hingga selalu memanaskan sebelum pemakaian, tujuannya agar mobil bekas kesayangan juga berumur panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *